Senin, 19 Februari 2018

Sketsa Buah Pisang Dengan Pensil

Sketsa Buah Pisang Dengan Pensil


Sesi sketsa merupakan latihan menggambar obyek-obyek sederhana dengan berani menarik garis tanpa khawatir melakukan kesalahan, dan tidak menggunakan penghapus.
Peralatan : Kertas, Pensil F, 3B, 6B dan 8B
Obyek : Buah Pisang

 
Sebelum mulai menggambar saya mempersiapkan foto buah pisang terlebih dahulu ke black white agar lebih terlihat daerah gelap dan terangnya. Tetapi lebih baik lagi jika Anda mempunyai buah pisang dirumah, walau hanya satu, dijadikan obyek langsung untuk latihan menggambar.

1. Gambarlah garis-garis lurus yang membentuk struktur dasar buah pisang menggunakan pensil F.

 2. Masih menggunakan pensil F saya mulai membuat garis lengkung buah pisang, mengikuti garis sebelumnya.

 
3. Buah pisang memiliki beberapa sisi, pisang yang saya gambar ada 4 sisi, saya menggambar struktur dalam buah pisang untuk menunjukkan volume buah pisang tersebut.

 
4. Kemudian mulailah membuat arsir sesuai arah sisinya dengan pensil F untuk memperlihatkan kulit buah pisang.

 
5. Saya mulai menggunakan pensil 3B untuk mengarsir daerah gelap pada kulit pisang. Saat mengarsir pensil jangan ditekan.

 
 6. Masih melanjutkan proses mengarsir dengan pensil 3B, tetapi pensil mulai ditekan agak lebih keras . Mulai dari bagian ujung atas pisang kemudian ke bawah.

 
 7. Agar lebih terlihat daerah gelap pada buah pisang, saya mulai menggunakan pensil 6B. Arah arsir masih mengikuti bentuk sisi pisang.

 
 8. Pensil 6B ditekan agar arsir daerah gelap terlihat lebih kontras dengan daerah terang.

 
 9. Karena belum terlihat kontras dengan daerah terangnya, maka saya mulai mengarsir buah pisang dengan pensil 8B.

 
 10. Pada buah pisang juga terdapat titik-titik hitam atau tekstur, saya menambahkan titik-titik hitam dan teksturnya masih menggunakan pensil 8B.

 11. Pada foto buah pisang diatas terlihat bayangan di bagian bawah, tetapi bayangannya sangat halus, karena itu saya menggunakan pensil F untuk menggambar garis bayangan buah pisang.

 12. Pada bagian akhir masih menggunakan pensil F saya mengarsir bayangan buah pisang sesuai dengan arah bayangannya.




sumber : http://www.belajarmenggambar.com/2016/07/10/menggambar-tangan-dengan-pensil/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Sketsa Gambar Bunga yang Mudah Digambar

Contoh Sketsa Gambar Bunga yang Mudah Digambar Sketsa Bunga Mawar Bunga mawar memang menjadi primadona di kalangan para pelukis pe...